PERAN DAN FUNGSI BP4 DALAM MEDIASI PERKAWINAN DI KABUPATEN JEPARA

BP4 (Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) memiliki peran yang tidak mudah di masa ini. Tingginya persoalan perkawinan merupakan beban berat bagi BP4 untuk memaksimalkan tugas-tugasnya. Tetapi banyak yang menilai tugas ini kurang begitu dimainkan oleh BP4. Karena itulah penting untuk mengetahui permasalahan, (1) Bagaimana peran dan fungsi Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam mediasi perkawinan di Kabupaten Jepara? dan (2) Apa yang mendukung dan menghambat peran dan fungsi BP4 dalam mediasi perkawinan terhadap masyarakat di Kabupaten Jepara?

Penyusunan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menghasilkan data mengenai peran dam fungsi BP4 dalam mediasi perkawinan di Kabupaten Jepara. Untuk menjamin kebenaran dan keabsahan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, maka diperlukan adanya validas data yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode analisis datanya adalah metode analisis interaktif yang terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa; pertama, peranan BP4 dalam mencegah perceraian di Kabupaten Jepara cukup signifikan. Setidaknya hal tersebut dapat dilihat dalam peran-peran; membantu memecahkan masalah keluarga, mendamaikan suami isteri yang diliputi keinginan perceraian dan memberikan wawasan untuk membina rumah tangga. Sehingga dengan langkah ini BP4 di Kabupaten Jepara selalu mencoba seoptimal mungkin guna meraih win win solution dalam setiap problem pernikahan yang dialami oleh masyarakat. Kedua, faktor pendukung BP4 di Kabupaten Jepara adalah sebagai lembaga semi resmi dan mendapatkan dukungan sosial. Sementara itu, faktor penghambat BP4 adalah kinerja yang belum optimal, sosialisasi yang kurang, SDM yang kurang mumpuni.

About these ads

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: