Penerapan Pendekatan SALINGTEMAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Lingkungan Kelas X 3 MA NU Muallimat Kudus Tahun Ajaran 2008 / 2009

Siti Asrifah/3104353/Biologi

ABSTRAK

Kata kunci pendekatan SALINGTEMAS untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok lingkungan.

Latar Belakang penelitian ini rendahnya nilai mata pelajaran biologi banyak yang dihasilkan dari pembelajaran oleh guru biologi pada umumnya menggunakan metode ceramah kurang efektif dalam pembelajaran dikelas.

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan penerapan  pendekatan SALINGTEMAS dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pokok lingkungan pada kegiatan belajar mengajar.

Penentuan subyek penelitian ini menggunakan obyek kelas X.3 MA NU Muallimat Kudus dengan jumlah 44 Siswa pengumpulan data menggunakan observasi. digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa setelah pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan penerapan pendekatan SALINGTEMAS, nilai keaktifan siswa pada siklus I pertemuan I yang sering bertanya 182%, menjawab pertanyaan 15,9%, mengemukakan pendapat 15,9%, membuat keterkaitan unsur SALINGTEMAS 9,1%, melakukan kegiatan pemecahan masalah  11,4%, membuat laporan 9,1%, mempresentasikan hasil kegiatan 20,5%, sedangkan nilai hasil belajar kategori sempurna 0%, baik 2,3%, cukup 50%, dan kurang 47,7%.

Pada siklus II nilai keaktifan siswa pada pertemuan II yang sering bertanya 31,8%, menjawab pertanyaan 29,5%, mengemukakan pendapat 31,8%, membuat keterkaitan unsur SALINGTEMAS 20,4%, melakukan kegiatan pemecahan masalah  31,4%, membuat laporan 29,5%, mempresentasikan hasil kegiatan 31,8%, sedangkan nilai hasil belajar kategori sempurna 0%, baik 43,18%, cukup 38,6%, dan kurang 18,18%

Pada siklus III nilai keaktifan siswa pertemuan III yang sering bertanya 45%, menjawab pertanyaan 38,6%, mengemukakan pendapat 34,1%, membuat keterkaitan unsur SALINGTEMAS 34,1%, melakukan kegiatan pemecahan masalah  31,8%, membuat laporan 50%, mempresentasikan hasil kegiatan 40,9%, sedangkan nilai hasil belajar kategori sempurna 6,82%, baik 81,9%, cukup 2,2%, dan kurang 9%.

Hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ini membuktikan bahwa menggunakan penerapan pendekatan SALINGTEMAS dalam pembelajaran biologi materi popok lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.3 MA NU Muallimat Kudus.

Penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi materi pokok lingkungan dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan dapat memberi  motivasi dalam pembelajaran pada kelas X.3 MA NU Muallimat Kudus semester Genap tahun ajaran 2008/2009.

%d blogger menyukai ini: